Senin, 08 Juni 2009

AJENG DaN WIRO SABLENG...

Mungkin blogger yang satu ini tak asing lagi bagi kita. Blogger yang kesehariannya berprofesi sebagai (sesuai 'wawancara' saya dengannya via chatting di FB) ibu guru mapel TIK di MAN 3 Kediri ini, mewarnai blognya dengan warna damai, sehijau postingan2nya yang selalu bermakna dan penuh (meminjam istilah kesukaan seorang teman) “hikmah”. Na, udah bisa nerka kan? Yups, benar kawan2, bukan si Tersayang Buwel (Yank, hujaaan tuuuruuun lagiii... :P), bukan pula si misterius Ijoroyoroyo, tapi Mbak Agustin Wilujeng yang akrab dipanggil Mbak Ajeng, pemilik blog keren bernama Ajeng’s Blog, makhluk wanita ketiga yang mau menjadi teman partelon; yang rela berdesakan dengan kapak, hiu, dan musik gedumbrangan semata menghargai kehadiran partelon di dunia maya.

Fakta2 menarik seputar jeroannya Ajeng’s blog di atas, mungkin sudah menjadi pengetahuan banyak blogger lain. Namun satu hal yang mungkin terlewatkan oleh teman2, namun “berarti” bagi pertelon adalah apa yang saya temukan saat hari ini saya mampir di blog itu, tepatnya pada pukul 13.47 WIB; followers blog ini telah mencapai angka keren dan “keramat”, yaitu angka 212 (walaupun terakhir saya ngintip, jumlah itu sudah membengkak jadi 213!).

Sungguh, saya percaya, tak sedikit blogger lain yang followers-nya mencapai lebih dari angka itu, namun dilalah kebetulan saya berkunjung, jumlah 'anak kos'nya Mbak Ajeng pas diangka 212 itu.

So, gak berlebihan kiranya jika saya, atas nama Wiro Sableng dan Eyang Sinto Gendeng, teriring doa rahmah dan magfirah untuk almarhum Bastian Tito, mengucapkan selamat pada Mbak Ajeng dan tentu saja Mas Ardath (yang sayangnya saya ga ngerti blognya sehingga ga bisa dilink) sebagai follower ke-212.

Terakhir, saya kutipkan wejangan Eyang Sinto Gendeng pada Wiro Saksana sebelum si nenek sakti bau pesing itu melepas muridnya turun gunung merancah dunia persilatan dengan nama baru, "Wiro Sableng" (sebagaimana dituturkan dalam episode Empat Berewok Dari Goa Sanggreng):

Segala apa yang ada di dunia ini selalu terdiri atas dua bagian, Wiro! Dua bagian yang berlainan satu sama lain tapi yang menjadi pasangan-pasangannya....”
Wiro Saksana kerenyitkan kening tak mengerti. ”Misalnya Eyang?” tanyanya.
”Misalnya...., ada laki-laki ada perempuan. Bukankah itu dua bagian yang berlainan? Tapi merupakan pasangan?!”
”Betul Eyang....”
”Misal lain.... ada langit.... ada bumi. Ada lautan ada daratan. Ada api ada air.... ada panas ada dingin. Ada hidup ada mati, ada miskin ada kaya. Ada buta ada melek. Ada lurus ada bengkok, ada panjang ada pendek, ada tinggi ada rendah, ada dalam ada cetek! Semuanya
selalu begitu Wiro, Kemudian.... ada susah ada senang, ada tertawa ada menangis. Di atas semua itu ada satu yang tertinggi. Yang satu ini ialah penciptanya. Siapa yang ciptakan kau, Wiro....?”
”Tidak tahu Eyang....”
”Bogrol!”
”Aku tahu Eyang....”
”Siapa?”
”Ibu sama bapakku.”
”Siapa yang menciptakan ibu sama bapak kau?”
”Nenek sama kakek....”
”Yang menciptakan nenek sama kakek....?”
”Nenek dari nenek dan kakek dari kakek....”
”Dan yang menciptakan nenek dari nenek serta kakek dari kakek....?”
”Ya nenek dari nenek dari nenek dan kakek....”
”Geblek!” bentak Sinto Gendeng. ”Manusia tidak pernah bisa menciptakan manusia!
Bapak kau kawin sama ibu kau dan ibu kau cuma melahirkan kau, lain tidak!! Ibu kau
dilahirkan sama nenek, kau begitu seterusnya goblok! Semua manusia ini, semua apa saja di
dunia ini diciptakan oleh Yang Satu. Oleh Gusti Allah! Hal-hal yang dua itupun juga
diciptakan dengan kodrat iradatnya Gusti Allah. Gusti Allah ciptakan laki-laki juga Dia
ciptakan perempuan. Gusti Allah bikin langit, juga bikin bumi. Bikin orang-orang susah juga
bikin orang-orang senang. Bikin manusia-manusia kaya juga bikin manusia-manusia miskin.
Sekarang aku mau tanya sama kau. Berapa kau punya mata?”
”Dua, Eyang.”
”Hidung?”
”Satu Eyang.”
”Lobang hidung?”
”Dua Eyang....”
”Mulut?”
”Satu....”
”Bibir?”
”Dua Eyang.”
”Kepala?”
”Satu....”
”Tangan?”
”Dua....”
”Kaki....?”
”Juga dua Eyang....”
”Kau punya biji kemaluan....?”
”Dua Eyang,” dan dalam hatinya Wiro memaki tapi geli.
”Kau punya batang kemaluan?”
”Satu Eyang....” Wiro geli lagi dan memaki lagi.
”Nah.... itu semua membuktikan di dunia ini kehidupan manusia adalah tak ubahnya seperti bilangan dua dan satu, satu dan dua, dua satu dua dan seterusnya. Angka dua dan satu itu selalu ada melekat dalam diri manusia. Dan semuanya itu hanya diciptakan oleh Yang Maha Kuasa yakni Gusti Allah! Kehidupan dua dan satu ini, kehidupan dua satu dua ini, dan adanya dua satu dua ini tak bisa diingkari dan harus melekat dalam diri manusia! Manusia pasti akan merasakan senang susah, gembira sedih, kaya miskin, lapar kenyang, hidup mati, dan manusia juga musti percaya pada yang satu yakni Gusti Allah....

Demikian, mohon maaf kalo Mbak Ajeng tak berkenan...

37 komentar:

  1. pertamaaaaaax.. nomer satu yaaaaa

    BalasHapus
  2. sekalian keduaaaaaaaaax.. nomer dua.. hahaha.. dua satu dua
    Salam 212.. dari si sableng bin gendeng

    BalasHapus
  3. sayah dataaaaaaaaaaaaaaang.......

    BalasHapus
  4. "Seseorang akan bersama dengan yang dicintainya!"
    Almarhum Bastian Tito wafat pada DUA-SATU-DUA nol-nol-enam...
    di sini selengkapnya: http://rindupulang.blogspot.com/2006/01/bastian-tito-dan-kenangan-seorang-anak.html

    BalasHapus
  5. @kangboed: Wow! Cara komeng 212 yang mantaBBB!!! Thx bro, n salam 212 juga..

    @rangga: suwun, Dab! :)

    @Ra Faizi: "al-mar-u ma'a man ahabba", keren buangets, Ra! Semoga (selalu) cinta antara kita (2) adalah cinta hakiki karena-Nya (1)...

    BalasHapus
  6. Wah, ivan malah bru tau Ajeng's blog. Ntr mampir dah...

    BalasHapus
  7. wah aku uda tau siapa mbak ajeng, aku sering kok ke blognya.hohoho...

    BalasHapus
  8. wui...mantab kang.. :)

    BalasHapus
  9. @Ivan: Sip! Dirojer, ganti!

    @dunia polar: Hohoho... (juga, kekekkekkkkk!!!) Mang Mbak ini terkenal, kok. N 212-nya itu yang kena banget, Bro... :)

    @dwi: Thx, Bro. Lam kenal yak...

    BalasHapus
  10. kirain mbak ajeng berubah jadi wiro sableng..

    BalasHapus
  11. Tauhidu Rabbi,
    dan untuk teman: selayak puji,
    sungguh terbungkus rapi...

    BalasHapus
  12. Duuuuh eyang sinto apa penjelmaannya siti rabiah ya say hehehehehhe....baru tahu makna 212 nya say.....Untung ajah say memang di takdirkan melihat followernya mbak ajeng ke 212 yak......

    BalasHapus
  13. Hahahaha... Wiro Sablengnya mantab.

    Blog Mbak Ajeng ya? Iya memang topbgt dia. Orangnya cantik bersahaja, dan postinan nya pnh makna.
    Tp skrg dia jarang muncul knapa ya?

    Maav Mas baru bisa mampir.

    BalasHapus
  14. buset segitu perhatiannya sampai tahu sudah mencapai angka 212. ck..ck..ck..salut nih ama partelon.

    BalasHapus
  15. Walah mas..sampai segitunya. Maaf baru bisa mampir. Terima kasih untuk perhatiannya njih,weh jadi serasa seperti selebritis nih..

    BalasHapus
  16. wah.. saya juga ikutan "nyepam" akh..

    BalasHapus
  17. woehehehehheehhehe, emang fans fanatik Wiro Sableng, ada angka 212 pasti langsung di embat heuheuehue ...

    BalasHapus
  18. hahahahah....
    baru ngerti apa koneksi antara ajeng n wiro sableng hihihihi....

    BalasHapus
  19. 212?! ternyata banyak yah artinya.. ehm,, keren juga neh...

    BalasHapus
  20. Kapan yah pengikutku jadi Wiro..??? :D

    BalasHapus
  21. wah mba ajeng emang mantap
    salut untuk mba ajeng

    BalasHapus
  22. hmm reviuw yang bagus
    jadi mengerti makna kata 212
    dalam hidup memang selalu berpasangan ya kang..
    seperti yang sdh di tertulis dalam postingan kali ini.

    mbak ajeng mang blogger perempuan yang memiliki nilai tulis yang berbeda dan penuh makna

    BalasHapus
  23. hebat sekali mas partelon wiro sablengya
    di ganti aja menurutku

    BalasHapus
  24. REview blog nih,... aku kapan dapet giliran nih?

    btw, wiro sableng kapan tayang ulang yah??

    BalasHapus
  25. @lumbunghati: hehehe... ga Mbak. sampai saat ini Wiro dan Mbak Ajeng masih beda KTP kok, hehehe...

    @Ijo: selalu 'membaca' ya Bro? :P

    @بوويل: Sip, Yang. Sang Maha Satu pinter banget ngaturnya yak? :)

    @mantan: It's ok, Bro. Thx... Btw, Mbak Ajeng mang jarang muncul, keknya sedang memperdalam ilmu silat dan kesaktiannya, hehehe...

    @cerpenis: Thx, Mbak. Btw, soal review, ada "yg ngajarin" seh! :P

    @ajeng: Naaaaaa, pemeran utama wanita dah muncul, neh, hehehehehe...
    Sama2 Mbak, n sori saya ngereview gak pake pamitan dulu, sori ya... :)

    @rangga: kapal nyepam??? :P

    @AeArc': ikutan kapal nyepam juga yak??? :P

    @JONK: Hehehehehe... makanya temen2, hati 2jgn sampe punya cewek bernama 212, ada partelon lho! kwakakakakkkk!!!

    @Linda: Hehehe... Keren kan? :P

    @YolizZ: Bang Bastian mang ok, Neng... :)

    @IjoPunk: Hehehe... undangin ajah para tetangga buat tahlilan, lalu suruh mereka follow, kekekekkkk. Tp dgn followers Bro Ijo yg 90 orang lebih, saya masih kalah jauh neh, hiks!

    @attayaya: Sip, sepakat Bro!

    @dwina: Sip!!! Btw, istilah keren lagi neh: "nilai tulis yang berbeda"... :)

    @ajie: diganti apa, Dik? masak partelon sableng?! hehehehe

    @Seti@wan: sabar Bro, nunggu wangsit dulu, kekekekkk!!!
    Soal pilem, ntar ajah, nunggu ijin Eyang Sinto Gendeng, hehehe...

    BalasHapus
  26. ajeng cantik gitu kok ditempelin ama Wiro sableng ya? he h e he....

    BalasHapus
  27. jadi kangen ma Wiro neh.....Kapan nongol lagi di tipi...???

    BalasHapus
  28. kapak 212 nya boleh dipinjem kang? untuk mecah degan, hehehe habis ga punya pisau besar untuk membelah degan kesukaannya nduk Jija.

    BalasHapus
  29. Blog mbak Ajeng emang okey..
    tapi pujaanku tetep pangeran Matahari
    kwak..kwak..kwak

    BalasHapus
  30. salam sobat,,wah bagus nich ,,saya baca tentang 212,,memang betul ,didiri kita ada semua angka itu,,,maaf ya,,baru komentar,,,kalau di blog saya komentar di tempat shoutmix,,,jd tdk dibawah postingan.

    BalasHapus
  31. wah,,si wiro bener juga tu
    kakek dan nenek dari kakek
    wakakakakakakakakaakkak

    BalasHapus
  32. @cerpenis: cantik + ganteng, cocok kan? yg ga cocok mungkin di "sableng"nya ajah yak? Hehehe...

    @IjoPunk: nunggu ijin Eyang, Bro, hehehe... ato mang ga ada aktor yg ngepas, kale. Bro Ijo mau jadi Wiro??? :P

    @Rubiyanto: Hehehe, apa kabar Jambi? Lam kenal, yak. Thx dah mampir ke sini...

    @keluargaku: boleh, Mbak, boleh... silahkan degannya di scan dulu trus posting, ntar kapaknya saya copas di sebelahnya, hehehe...

    @Itik: Sip!!! Eh, maksa yak? Kekekekkkk!!!

    @NURA: Ok, ga papa Mas/Mbak... Thx dan maen ke sini.. :)

    @yanuar: wew! si reggae penggemar superman returns, neh... Thx, Bro...

    BalasHapus
  33. ISENG, gangguin.... Kan orangnya udah pamitan. Hihi.

    Blog ke 212 yang Mbak Ajeng ikutin adalah warung18-kudus. Kekeke.... :P

    BalasHapus
  34. Waduh, Master of "D2" neh... ;-P

    BalasHapus