Minggu, 07 Juni 2009

AWaRD DaN Si 'PeNYELaMaT'!!!

Alhamdu li-Llāh...

Sang kekasih tersayang kembali membingkiskan award keren ini. Untuknya, kuhaturkan terimakasih besaaaaaaaaaaaaaaaaar sekali, lebih besar dari paus hamil disengat monas sampe bengkak2!!!

Award ini, seperti biasa, diantarkan dan sekaligus dipasangkan oleh Pak Sukalér. Dan seperti biasa pula, setelah memajang award saya, kami duduk2 sambil ngobrol, ditemani 2 cangkr kopi dan asap rokok yang membubung tinggi...

"Pak," kata saya membuka percakapan. "Di kampung kita, Pak Sukalér ini dah terkenal, lho..."

"Oiya?" Pak Sukalér terdongak. "Terkenal apanya, Mas?"

"Ya, Pak Sukalér, kata orang2, suka membantu, baik hati, rajin menabung dan ga sombong," kata saya. Terlihat wajah pria separuh baya itu memerah, sementara telinganya pelan namun pasti mulai men-download bentuk telinga gajah.

"Ah, masak mereka bilang gitu, Mas?" tanya Pak Sukalér, entah kurang yakin, entah karena pengin mendengar lebih banyak pujian tentangnya.

"Iya, Pak," lanjut saya. "Bahkan Bu Kaindong pernah bilang ke temen2 arisannya: 'apapun keperluan kalian, cukup panggil Pak Sukalér, di jamin beres', gitu dia bilang."

Pak Sukalér hanya mesam-mesem, dan proses downloading itu kini mencapai 57%.

"Trus," saya melanjutkan, "Mpok Sukaini..."

"Eh, sebentar, Mas," Pak Sukalér memotong, dengan mata berbinar, "Mpok Sukaini yang janda itu ya, Mas?"

"Iya, Pak. Dia bilang, Pak Sukalér juga suka baek sama dia, suka bantu nyariin kayu bakar, suka bantu jagain kambing2nya. Pokoknya, kalo ketemu Pak Sukalér, Mpok Sukaini bilang sering jadi salting gitu..."

"Ah, ada2 saja mas Partelon ini..." kata Pak Sukalér, tersipu-sipu. Dan status telinganya saat ini adalah "dowloading completed"! Melar semelar-melarnya, lebar selebar-lebarnya, hehehe...

"Eh, Mas. Ingat soal tolong-menolong, saya jadi inget pengalaman Pak Paémut."

"Oya? Apa Pak Paémut juga suka nolongin Mpok Sukaini?"

"Ah, ga Mas!" Pak Sukalér buru2 mengedit. "Mpok Sukaini cuma mau dibantu sama saya kok!" katanya mencoba meluruskan. Dan saya cuma bisa menahan geli, sampai perut ini terasa mulas. Cepat saya bertanya:

"Jadi, kalo gitu, Pak Paémut nolongin siapa dong?"

Pak Sukalér lebih dulu menghisap rokoknya, lalu melanjutkan: "Ceritanya gini Mas,..."

***

Suatu sore, di tepi sebuah pantai...

Pak Paémut berjalan santai menikmati panorama pantai yang indah itu. Sudah lama ia ingin refreshing ke pantai yang pada hari2 libur biasanya selalu ramai. Namun hari ini bukanlah hari libur, dan di kesenyapan yang menggoda itu, Pak Paémut dapat memuaskan hatinya bercengkerama dengan belaian cinta sang angin dan desahan mesra bibir2 ombak yang setia menyapa pantai.

Namun kesyahduan itu tiba2 saja terganggu oleh suara sayup2 teriakan minta tolong dari seseorang!

Pak Paémut segera bangkit dari duduknya lalu bergegas mencari asal suara itu. Ia memerlukan naik ke sebuah gundukan pasir untuk dapat mengetahui, bahwa suara teriakan minta tolong itu ternyata berasal dari laut, di bagian yang agak jauh dari pantai. Tampak oleh Pak Paémut, seseorang tengah mengangkat dan melambai-lambaikan kedua tangannya sedangkan kepalanya timbul tenggelam ditelan ombak.

"Tooloooooonnggg... Glek!!! Tolonnnn...Glek!!!" teriakan2 panik orang itu terdengar terputus2 secara mulutnya sesekali kemasukan air laut.

Tanpa buang tempo, Pak Paémut langsung melompat dan dengan lihay berenang menuju orang yang jelas sedang terancam mati tenggelam itu!

Si malang, begitu ia melihat Pak Paémut melompat dan berenang cepat ke arahnya, tentu saja lega bukan kepalang. Harapannya untuk selamat bangkit kembali. "Syukur, ada juru selamat neh", pikirnya sambil terus mengapai-gapai.

Begitu Pak Paémut sampai, ia langsung menarik tangan orang itu sampai kepalanya yang tadi mulai tenggelam muncul kembali.

"Oi, ngapain tereak2!" tanya Pak Paémut.

"Lho, saya mau tenggelam kok...!" jawab si malang. Dipegangnya tangan Pak Paémut erat2.

"Mau tenggelam kok malah tereak2!?" Pak Paémut melotot. "Berenang, dong. Berenang!!!"

"Aku gak bisa..glek!..berenang, Pak, Glek!!!" jawab si Malang dengan suara megap-megap.

"Ya belajar, lah! Kalo situ cuma tereak2, kapan bisanya?!" kata Pak Paémut kesal seraya mengibaskan tangan orang itu sampai terlepas. Lalu dengan cepat, tanpa mempedulikan si malang yang kembali tenggelam, Pak Paémut berenang balik menuju pantai, sambil tak lupa membingkiskan sekeranjang omelan ke alamat si malang: "Dasar goblok! Emang dia pikir kalo tereak2 trus bisa berenang?!"

25 komentar:

  1. Waduh joke nya dimana ya say, terus pesan moralnya belum nemu juga....maaf neh say lagi blank...
    ngucapin selamat dulu ya untuk awardnya.
    ntar mikir2 dulu.....si say hebat neh selalu buat pembacanya berpikir dulu walaupun cuma untuk ketawa....hehheheehhe

    BalasHapus
  2. ehm,, ehm,, kalo ini aku loadingnya agak lambat kang,, proses donlotnya juga lemooott banget..

    yang dimaksud tuh jangan banyak omong tp harus bertindak dan berusaha unutk belajar yah kang?!

    BalasHapus
  3. wkwkkwkwkwkw, si pak Paemut itu Beloon apa doyan sih heuheuheuheu....

    selamat buat awardnya mas :D

    BalasHapus
  4. um partelon itu saya udah dapet dari mas ravatar

    BalasHapus
  5. @buwel: hehehe... Btw, ga bisa nemu ato ga mau nemu, Yank? :P

    @yolizz: It's ok, Neng... :)

    @JONK: Thx. Bro. Gitu itu emang gaya khas pak Paemut, kekekekekkkkk...

    @ajie: bingung Dik, ga ngerti... ???

    BalasHapus
  6. sadis bener pak Paemut

    kalo diri ngerasa belom sanggup terjun ke suatu bidang, mending belajar dulu. jangan ambil resiko yg akhirnya ngerugiin diri sendiri.(udah tau gak bisa berenang ngapain jg nekat berenang d laut, mbok y belajar di kolam dulu.. minimal kolam tuk anak balita)

    kita perlu sedikit tegas ngadepin orang yang merasa dirinya lemah. (otak seseorang akan dapat mengeluarkan femikiran yg briliant kalo di gunakan secara optimal. dan tubuh akan mengikuti kerja otak)

    itu yg dapat saya tangkep dari kisah penyelamatan gak jadi nya Pak Paemut.

    BalasHapus
  7. btw kok kalo aku baca nama Pak Sukalér, kok gimanaaaa gitu. lidahku jd kram.huehehe...

    BalasHapus
  8. macsudny saya udah dapet gambar yg sama dari mas ravatar

    BalasHapus
  9. kekekekekkeek....maksudnya 'penyelamat' gitu ya.....bener tuh kata2 bijaknya pak paemut untuk terus selalu 'belajar' dalam hidup agar selamat....tapi sadis juga ya.....
    Maaf ya say bila yang aku tangkep cuma segini.....Yayang ngerasa menerjemahkannya masih letoy neh...hehheheehhhe

    BalasHapus
  10. @cerpenis: thx pok...

    @dwina: hehehe... tafsiran yang cukup luas Neng, dan cukup mencerahkan, it's nice :)
    Btw, saya suka kalimat ini: "kisah penyelamatan gak jadi nya Pak Paemut."... :)

    @dunia polar: Kram? Kuwakakakakakkkkk! Percayalah, Bro. Ortu Pak Sukalér sungguh ga berniat memberi anaknya nama yang bisa bikin kram lidah siapapun, kekekekkk!!!

    @ajie: o, maksudnya dpt ewot yg sama kek ewot Buwel di atas yak? selamat lah...

    @بوويل: tafsiran بوويل tersayang dan temen2 di atas, tersurat maupun tersirat, dah banyak berhikmah, kok. Walopun kemungkinan hikmah2 yang lain masih terbuka... :)

    BalasHapus
  11. Koq Pak Paemutnya gak mau nolongin sih? Kejam bngt jd orang..

    BalasHapus
  12. Wuakakakkkk!!! Komentar yang seksi, I like this, Bro! :)

    BalasHapus
  13. Wah pertama x mampiir niih.. Salam kenal yah... Smoga bsok ksini lg critanya jadi nyambung.. Hihihihi.....

    BalasHapus
  14. Hehehe... Thx, Dab. Salam kenal juga, sering2 aja mampir, kekekekekkkkk!!!

    BalasHapus
  15. Terus akhirnya gimana ? Bisa selamat apa malah wafat? Kasihan...

    BalasHapus
  16. Keknya tewas deh Mbak, kekekekkkk!

    BalasHapus
  17. slmat awodnya, betewe ceritanya goblok bgt tuh, wkwwkk... oya, klo aku seneng semua buku agatha ^^

    BalasHapus
  18. hahahahahahah...
    asli aku ngakak baca si Paemut huhuhu....dsr oon...emang bnr sih klo tereak2 gak akan mungkin bisa berenang hihihi

    btw selamat ya ewotnya...pak sukaler donlotnya komplit...bgslah..brati jadian gak ama si mpok?

    BalasHapus
  19. Ah, si penyelamat,
    tak hanya lahirkan gawat,
    padahal tidaklah darurat,
    tapi ia hidangkan sekarat,
    dunia-akhirat...

    BalasHapus
  20. Ha-ha-ha ...selamat slamit slamot deh atas awardnya ...anda layak mendapatkannya.

    BalasHapus
  21. mampir di blogku terus komentnya apa ya? lupa nulis ya? ha ha ha..yg diinget sang kekasih aja sih.

    BalasHapus
  22. Kwakkk...kkk...
    Paemut...paemut.....kenapa gak dikasih brosur les renang sekalian..?? kan lumayan dapet fee referall..??? he..he....

    BalasHapus
  23. @ayas: thx, Bro. Btw, Agatha mang keren yak? :)

    @Linda: Kekekekkkkk!!! Thx Mbak. Soal jadiannya Pak Sukalér sama Mpok Sukaini, just wait n see, ok? :)

    @Ijo: hehehe, mantaBBB!!!

    @Soultan: Waduh! Jgn2 kuping saya yg melar neh, hehehe... Btw, tengkya, tengkyi, tengkyu :)

    @cerpenis: Hehehe... Kan judulnya ttg surat kosong Pok? Komentnya kosong juga dunk, biar nyambung gitu, hehehe...

    @IjoPunk: naaa, ini salah satu tipe komeng yg saya suka banget: sableng tapi berisi, salut Bro, n Thx...

    BalasHapus
  24. @ll commentators: trims...

    BalasHapus