Senin, 01 Juni 2009

PISAU itu 'HARAM'!

Suatu malam, di langgar Pak Syaikhi...

Pak Syaikhi baru saja masuk dhalem setelah selesai membacakan kitab Sullam at-Taufīq pada fashlun wa min ma’āshil aydiy. Dan seperti biasa, setiap selesai pengajian, para santri mengadakan takrār (mengulang pelajaran) dan musyawarah guna menajamkan ‘perolehan’ pengajian mereka.

Musyawarah kali ini dibuka dengan pertanyaan seorang santri: “apa hukum menggunakan pisau”?

Respon pun bermunculan dari santri2 lain; debat, adu argumen, adu hujjah, (untunglah tidak sampai adu jotos seperti ‘taman kanak-kanak’), sampai akhirnya keputusan diambil, berdasar pendapat yang hujjah-nya paling kuat. Salah seorang santri senior kemudian didaulat untuk membacakan hasil keputusan tersebut, bahwa “hukum menggunakan pisau adalah haram jika untuk menyakiti dan/atau melukai orang lain tanpa alasan yang dibenarkan syara'”.

Nah, saat keputusan itu dibacakan, Pak Paémut kebetulan lewat di depan langgar. Ia berhenti sejenak, menyimak, lalu ngeloyor pergi (entah paham entah pula tidak)...

***

Esok harinya, di balai desa...

Beberapa orang penduduk –pria dan wanita—tampak memenuhi tempat duduk yang disediakan. Hari itu, sebagian warga yang profesinya petani dan pedagang, diundang untuk mendengarkan sosialisasi tentang koperasi desa. Sambil menunggu kedatangan Pak Lurah, mereka ngobrol ngalor ngidul, sampai Pak Paémut tiba2 berkata: “Eh, kalian dengar tidak, tadi malam santri Pak Syaikhi mengatakan bahwa pisau itu hukumnya haram karena bisa menyakiti orang lain!”

“Ah, apa pula itu?” Pak Sukalér bertanya heran. “Pisau kok haram?!”

“Ah, mereka kan sok tau aja, Pak.” timpal Sukatahu, ketua karang taruna yang (katanya) pernah juga nyantri di sebuah pesantren. “Haram itu kan urusan kita dengan Tuhan? Ngapain mereka ikut2an ngurusi? Lagian, kok cuma pisau yg diharamkan. Gimana dengan pedang, linggis, clurit, parang, kapak?" katanya (kapak? Waduh! Partelon tersinggung neh, jgn2 termasuk Kapak Naga Geni 212?!). Sukatahu lebih dulu mengusap mulutnya, lalu melanjutkan: "Harusnya semua sajam diharamkan dong!!!”

“Iya, ada-ada saja Pak Syaikhi, kek ga ada kerjaan aja ngurusin pisau segala macam” timpal Pak Lopak, sambil menghembuskan asap rokoknya kuat2. “Atau...” lanjut Pak Lopak, yang dalam acara2 desa sering didapuk jadi ‘pelawak’, “jangan2 pisau itu diharamkan karena (1) Ia suka bikin ibu2 lupa lakinya karena keasyikan ngiris bawang pake pisau. (2) pisau itu suka dipake nyembelih ayam. Trus, (3) bikin orang susah karena resah dan ‘pisau’, hahaha...fff!!!” Pak Lopak terpaksa menghentikan tawanya, saat ia sadar, leluconnya itu hanya memancing tawanya sendiri.

“Hei, Pak Paémut!” seorang wanita separuh baya berteriak setengah memekik. Namanya Bu Sukaini. Tapi secara sehari-hari dia jualan jamu gendong, warga memanggilnya Bu Kaindong, dan ia bangga2 saja dengan panggilan ‘akrab’ itu. “Bilangin ye sama ntu Pak Syaikhi, se-kali2 suruh masuk dapur gih, biar tau pisau itu banyak gunanya, banyak manfaatnya! Dasar Pak Syaikhi gapdap!” katanya berapi-api, berkobar-kobar, menyala-nyala, kebakaran!

“Gapdap?” tanya Pak Sukalér dan Pak Paémut nyaris bersamaan.

“Iye,” Bu Kaindong menjelaskan dengan penuh semangat: “gagap dapur!”

51 komentar:

  1. pisau diharamin?! lha kalo mo ngiris2 buat masak pake apa dong?! emang dasar gapdap!! :D

    ni nyinggung masalah pesbuk diharamin itu yah kang?! kagak setuju deh aku pokoknya!! sekarang pesbuk,, ntar besok-besok apa lagi?! jangan-jangan blog lagi?!

    wuah,, kalo beneran gitu aku minjem kapak naga geninya yah kang!! (buat aku asah biar makin tajem gitu maksudnya :p)

    BalasHapus
  2. wew,, tadi tuh yang pertama yah??!! tumben banget!!

    hore..hore.. ayo.. ayo.. mo nraktir ga nih kang?! (lho?)

    BalasHapus
  3. Hehehe... selamat jadi yang pertama, Neng. Ntar traktirannya sama 'cowok' dan 'kacamata'nya ajah, kekekekkkk!!!

    BalasHapus
  4. tergantung niatnya kale...
    hehehe mo nyenggol fesbuk pake istilah pisau, good job!!

    BalasHapus
  5. Terimaksih juga...

    Kalau memang begitu KEJADIANnya,
    maka sungguh kacau terlihat nyata,
    substansi hilang entah ke mana,
    hikmah pun lenyap menjadi maya,
    karena murka menutup rasa,
    karena gelap menutup peka,
    karena angkuh menutup waspada...

    BalasHapus
  6. Duuuuuh say, ceritanya asyik ya.....kerennya dapet dimuqoddimahi dengan menyenggol sulamut taufiq, tenggah2 nya ada lucunya juga, meski menjalar ke penjalaran fesbuk...hehehehehehehe...
    Endingnya pake gapdap lagi.......Melongo terus wis kalo baca postingannya sayang nih...xixixixiiixi....
    Oiya tentang 'lawlaa-ka lamaa khalaqTu al-aflak"?......maaf aku orang desa say, belum pernah di ajarin, malah aku baru denger nih dari say....ajarin maknanya dunk say....heheheheheh

    BalasHapus
  7. Balik lagi say, maaf baru tahu say ngoment lagi.....
    keknya puisinya ijo lebih muantab yah....kekekekkkekkeke

    BalasHapus
  8. @Keluargaku: Hehehe... Makasih, Mbak...

    @Ijo: tafsiran si inspirator, hehehe...

    @بوويل: Hehehehehe...
    Soal "lawlaa-ka lamaa khalaqTu al-aflak", ah, 'kura2 dalam perahu' dah jadi kebiasaan yak? kekekekkkk!!!
    Muantab semuanya dah :)

    BalasHapus
  9. IjoPunkJUTee GAPDAP juga neh....:)

    Segalanya haram jika dugunakan untuk kejahatan.
    Ngapain pake kluarin fatwa..?? Emang rapat bikin fatwa seperti rapat DPR bikin Undang-Undang? Ada anggarannya gitu? Ganti...

    BalasHapus
  10. wuahhh, karena telinganya hasil nyewa terus di gadein pula (heheheheheh) akhirnya jadi pada bertengkar huhuhuhu

    Kayak FB kayaknya neh :D

    BalasHapus
  11. Lha yang menyatakan haram GAPDAP gitu sih
    coba kalo sekarang penggagasnya itu GAPTEK
    pasti yang haram bukan pisau
    tapi komputer..nah lho!!

    BalasHapus
  12. Ketika Pak Kyai berfatwa,
    pastilah niat semula Pak Kyai sesunguhnya; sangat mulia…
    Pak Kyai pastilah pula rindu ummatnya berbondong-bondong masuk sorga…
    Namun, kalau tiba-tiba fatwa Pak Kyai justru jadi berita….
    dan di telivisi swasta fatwa Pak Kyai justru jadi bahan canda saja…
    dan tak sedikit pula bibir mencibir, lalu tertawa..
    karena mereka merasa fatwa Pak Kyai justru hanya gurauan semata…
    Lantas mari kita bertanya; Ada apa sesungguhnya dengan Pak Kyai kita…?

    Pertanyaan begini, kita pikir tentu wajar adanya….
    Bukankah semestinya setiap kata yang terlontar dari ujung bibir Pak Kyai adalah bulir-bulir kata yang benar..?
    Semestinya pula nilai-nilai yang benar itu membuat dada ummat jadi bergetar….
    Kalau kini fatwa Pak Kyai justru menjadi ocehan hiruk pikuk yang hingar bingar….
    Apakah memang ini pertanda kharismatik sang Kyai yang kian memudar.?
    atau memang kitalah para ummat-ummat yang semakin nyasar..?
    Aaah…agak susah untuk menarik garis kasar,
    karena semakin hari, semakin tak tentu lagi ; mana ummat yang benar dan mana pula ummat yang kurang ajar…
    Apalagi di kancah politik yang hingar mengelegar…
    yang benar dan yang nyasar sudah berpadu seperti sepotong telor dadar….mmmh…

    Yang jelas…;Semakin kita mencoba berbaik sangka untuk sebuah fatwa, semakin kita didera dengan berjuta tanda tanya…

    Terkadang kita terpancing untuk curiga…
    Jangan-jangan Pak Kyai kita sudah ditunggangi pula….

    BalasHapus
  13. Waduh, mau nulis apa yah. Saya tdk bilang haram tp tdk jua halal. Jd tengah2.

    BalasHapus
  14. Salahnya pak Paemot hanya mengganti kata "jika" dengan "karena bisa"; salahnya Ra Partelon tak maemot pak paemot bahwa mengganti "jika" dengan karena bisa" akibatnya bisa bikin orang resah dan "pisau"

    BalasHapus
  15. tuh ada istilah baru gapdap. gagap dapur. kalo gagap dlm pergaulan, gapgul ya? he he he...

    BalasHapus
  16. @IjoPunk: Ganti? Kekekekekkkk, kek orarian ajah...

    @JONK: Wah, masih inget telinga yang tergadai, yak, hehehehehe...

    @Itik: nah lho (juga), hehehe...

    @Soultan: Ck...ck...ck... saya jd mikir, there's something wrong here...
    Btw, komengnya 'ngalain' artikel saya Bro, jadi malu neh, hehehe... [ngekek padahal pucat pasi]

    @Ivan: Hehehe... eh, di "tengah"2 ntu maksudnya apa ya Bro? :P

    @kacong: Lho sy justru pingin Pak Paemut membuat kita "emut", biar ga asal ngemut, ntar yang diemut malah permen penuh semut, bikin koneksi inet jadi lemot, kekekekkkkk!!!

    @cerpenis: Gagap dalam pergaulan, ya GaUl, dunk, kekekekkkk!!!

    BalasHapus
  17. Aku jadi gapkom nih dengan semua komentar diatas....

    BalasHapus
  18. Untuk Pak Paemut tidak jadi wartawan atau tidak punya usaha penerbitan koran atau siaran televisi dan radio...

    BalasHapus
  19. Sekedar bersalaman....membina persahabatan....
    KOk gak ada shoutmix bro...? Terpaksa Prof mengukir jejak di sini.....

    BalasHapus
  20. Duuuuh dikomentarin Sang Sultan neh say....
    heheheheheh...Selamat Ya...hehehehhe

    BalasHapus
  21. Oiya bahasa indonesianya di terima...hehehheeheh, cuma alih bahasa ajah...Oiya say, mengapa kok setelah si say itu yang koment ijo ya, dan biasanya setelah ijo si say neh...jadi tanda tanya...kekekkekekeek

    BalasHapus
  22. Iya, betul, maksudnya "untung".. Tepatnya: Untung Pak Paemut tidak jadi wartawan atau tidak punya usaha penerbitan koran atau siaran televisi dan radio...

    BalasHapus
  23. @Seti@wan: Hehehe... Gagap is The Best, dunk! Kekekekkk!!!

    @Ra Musthov: Hmmm... (tapasok dhedhebu se eantos kaule, Ra..) hehehe...
    O, "untuk" itu maksudnya "untung" ya, Ra...

    @IjoPunk: Duh, makasih banget. Moga2 persahabatan kita semua berokah Bro...
    Btw, sampai saat ini saya ga sukses2 bikin shoutbox, shoutmix, shoutoayam, shoutobabat, ato apapun namanya. Sori ya, buat Bro dan temen2 yang lain, maklum GapBlog (eh, kok nyaris "goblok" yak?), hihihi...

    @Buwel: iya neh, Yank, hehehe. Oiya, soal komentar yang berbunyi "Bahasa Indonesia", itu sekedar 'mematuhi' permintaan Yayang di atas box komentar: "Komentarnya pakai bahasa indonesia saja ya...........", giiittuuuu...
    Eh, btw, kok perhatiannya dibagi ke ijo juga sih?! ["cemburu" mode: ON] :P

    BalasHapus
  24. hehehe, pa kebasaran ikutan ke sini :D

    BalasHapus
  25. kyk facebook yg diharamin itu ya..

    BalasHapus
  26. Maap, terpaksa kembali,
    membawa diri,
    mengurai hati...

    Bhw yang luas,
    tak mesti lugas,
    seringkali malah bias...

    Bhw yang ringkas,
    tak mesti tak jelas,
    seringkali malah lebih tegas...

    Tanya dan keraguan,
    adalah tantangan...
    sinis dan ejekan,
    adalah hadangan...
    bahkan atas para utusan...

    Di antara cahaya selalu ada kelam,
    di antara sinar selalu ada suram,
    sejak NabiyuLlah Adam,
    sampai Beliau Sang Khairil Anam,
    bahkan ila akhiril ayyam...

    BalasHapus
  27. kalau denger berita yang tidak diketahui juntrungannya, lebih baik kagak ngomong deh.

    BalasHapus
  28. mampir mau main bola polling sambil niup polling bambu. he he he...kamu suka ngebolak balik kata ya? kayak temanku tuh.

    BalasHapus
  29. Hahahaha... bisa aja Kang Partelon ini, masa pisau di haramkan.
    Tp bs jg ya soalnya aku jg gapdap nih, jd ya gak tau percis.

    Salam kenal Kang, aku follow ya?

    BalasHapus
  30. Eh... ntar malem aku mau pinjem nama kamu dan yayankmu di postinganku.
    Boleh kan??

    BalasHapus
  31. @JONK: Iya neh, hehehe...

    @ali: Mmmm... gimana ya? :-)

    @Ijo: Hehehe... kalo mang perlu servis sana-sini, monggo2 aja, Bro...:-)

    @seti@wan: seeeeef!!!

    @cerpenis: bolak-balik kata? hehehe, mang setrikaan, dibolak-balik, kekekekkkk!!!

    @yanuar: wah, temen baru, neh. Thx Bro n 'lam kenal ajah...

    @rio: wuakakakakkkk... akhirnya si semut nyampe juga ke sini. Thx Bro, lam kenal n silahkan ajah...

    @linda: jarang masak yaaaaaa... :-)

    BalasHapus
  32. Hehehe...sentilan terselubung untuk Fb ya mas? Jadi penasaran nih, kira2 yg mengharamkan FB itu sudah pernah tau FB belum ya mas?

    BalasHapus
  33. Waduh, coba deh tanyain ke Bu Kaindong, ato ke biang keroknya sekalian, si Pak Paémut, kuekkekekekekkkk!!!...

    BalasHapus
  34. ehhhhngggg...kangen ajah neh...kekekekekek

    BalasHapus
  35. Hmmm... mo merajuk, yak? padahal ada ijo di matamu, ada semut di hatimu... :P

    BalasHapus
  36. kekekkeekekkeke....aku tetep milih say nomer satu kok...percayalah...

    BalasHapus
  37. partelooon...diupdate ya....he he he...

    BalasHapus
  38. @بوويل: Hehehe... Iya, iya, percaya... :P

    @cerpenis: kalo ga update, trus partelon di ancem pake pisau pinjeman itu yak? :P

    BalasHapus
  39. aduh pisau haram jadi kalau pegang pisau gimana

    BalasHapus
  40. Hehehe... tanyain langsung ke biang keroknya Dik, si Pak Paémut, :P

    BalasHapus
  41. berkunjung malam2 menghilangkan sepi

    BalasHapus
  42. berkunjung pagi pagi, n met pagiiii....
    btw smua itu trgntung niatnya apapun bs ngatif klo niatnya ngtf,bnr ndak??
    btw blognya aku follow yah, n klo ndak kberatan follow balik yah. makasih...salam kenal

    BalasHapus
  43. nodongin pisau akh, biar di update. ha ha ha..

    BalasHapus
  44. mampir lagi mas partelon

    BalasHapus
  45. hahahah.. mending tanya langsung ke sumbernya a.k.a. biang kerok nya :D

    BalasHapus
  46. @ajie: thx dik, kalo partelon bisa membantu mengusir sepimu (wuakakakakkkkk!!!)

    @dunia polar: thax, Bro, dah mampir ke sini dan being my friend. I. Allah blog NT segera saya add kembali. Lam kenal juga, ya...

    @cerpenis: saaaaaaaaaaaaaaabar, Nte, sabaaaaaaaar...

    @host: sip, langkah bijak Bro, hehehe... Btw, lam kenal deh, n thax for being my friend...

    BalasHapus
  47. bener2 menggugah komennya kang kabasaran soultan.
    manteb.

    BalasHapus
  48. Sip, "menggugah", istilah yang cerdas, Neng! Thx... :)

    BalasHapus