Minggu, 19 Mei 2013

al-INSÂN al-KÂMIL



Ttg KESEMPURNAAN FISIK RASÛLU-LLÂH (Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam)*
·   
“Sesungguhnyalah hadits dan atsar yang menunjukkan kesempurnaan penciptaan serta kabagusan fisik Rasûlu-Llâh Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam telah tersebar luas. Oleh karenanya, termasuk kesempurnaan mengimani beliau Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam, adalah mengimani sepenuhnya bahwa Allâh Subhâna-Hû wa Ta’âlâ telah menciptakan fisik mulia Beliau dalam bentuk yang tidak pernah ada bandingannya, sebelum atau sesudah Beliau (diciptakan).

“Telah ada ketetapan bahwa Rasûlu-Llâh Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam dianugerahi seluruh keindahan ragawi. Namun (istimewanya) karena terlindung oleh mahkota kewibawaan dan cahaya yang benderang, maka ketampanan wajah Beliau tidak menjadi cobaan bagi siapapun yang memandangnya”. **

“Para shahabat radhiya-Llâh ‘anhum tak kuasa memandang Beliau secara cermat dan teliti karena kuatnya wibawa serta tingginya kemuliaan Beliau. Oleh karenanya, yang bisa mendeskripsikan raga beliau hanyalah para shahabat yang masih kecil atau mereka yang diasuh beliau sebelum Kenabian, sebagaimana Hindun bin Abi Hâlah dan Sayyidina ‘Ali radhiya-Llâh ‘anh.”
___________
*Lihat: “Muhammad Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam al-Insân al-Kâmilli al-Imâm al-‘Alim al-Muhaddits As-Sayyid Muhammad bin Alawiy al-Mâlikiy al-Hasaniy Rahimahu-Llâh, hlm. 15, 19 dan 20.

**Tentang hal ini, saya juga mendengar langsung penjelasan al-‘Alim al-‘Allâmah al-Faqih as-Syeikh Muhammad bin Ismail az-Zain al-Yamaniy di PP. Ummul Qura, Blumbungan, Pamekasan, beberapa tahun lalu.

Allâhumma Shalli wa Sallim wa Bârik ‘alâ Sayyidinâ wa Maulânâ Muhammad wa ‘alâ Âlihî wa Shahbihî Ajma’în…


8 komentar:

  1. Pas sekali memang saya baru saja berantasyamsun-antabadrun-ria di rumah tetangga, ya, baru saja. Ini posting yang top...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar yang top dari seorang yang baru datang dari acara top dan pembacaan syiir top... :-)

      Hapus
  2. tob markotob!
    Den jareaken kekuatan fisik Njeng Nabi melebihi 1000 samson.
    Den jareaken lage, kalo ibaratnya Tuhan menciptakan kekuatan fisik makhluk itu 100, maka yg 50 utk Njeng Nabi Kita. 49 nya utk Nabi2 yg laen, 1 nya utk seluruh manusia. Begitu juga untuk ketampanan, kedermawanan dan sifat2 mulia dan terpuji lainnya.

    Referensi : Ceramah Kyai di Pengajian Haul. :D

    BalasHapus
  3. Allâhumma Shalli wa Sallim wa Bârik ‘alâ Sayyidinâ wa Maulânâ Muhammad wa ‘alâ Âlihî wa Shahbihî Ajma’în.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allâhumma Shalli wa Sallim wa Bârik ‘alaihi wa ‘alâ Âlihî wa Shahbihî Ajma’în

      Hapus
  4. Minal Aidzin Walfa Idzin mohon Maaf Lahir Dan Batin...dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri ya sobat.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup... sama2 Sobat... maaf telat balesnya... :-)

      Hapus