Rabu, 17 April 2013

212 ACACIA AVENUE: A Tribute to Wiro 'n Maiden

MUQADDIMAH (“New Frontier”, 2003)

Dalam dunia seni, ada dua nama yang menjadi favorit saya di antara banyak nama yang lain: WIRO SABLENG dan IRON MAIDEN. Yang pertama adalah karakter dunia persilatan rekaan alm. Bastian Tito, dan yang kedua adalah band pengusung genre New Wave of British Heavy Metal dan didirikan oleh Steve Harris.

Lalu, apa hubungan Wiro Sableng dan Iron Maiden? Mungkin tidak ada hubungannya (dan memang tidak ada hubungannya, kok!). Namun berhubung album Iron Maiden yang baru turun gunung, “Final Frontier” (2010), adalah album ke-17; dan usia Wiro Sableng saat turun gunungpun adalah 17 tahun, maka saya lalu menghubung-hubungkan keduanya agar terlihat berhubungan sehingga menjadi ada hubungannya, he… he… he… Dan hasilnya, Anda boleh percaya dan (tidak) boleh tidak percaya, ternyata beberapa titel full-length studio album Iron Maiden berikut sebagian lagu mereka bisa (saya paksakan agar) terlihat sebagai deskripsi atas tokoh utama dan hal-hal penting berkaitan denga petualangan Wiro Sableng!

Silahkan nikmati hasil ijtihad paling ‘maksa’ abad ini:

EYANG SINTO GENDENG: Guru Pendekar 212, seorang wanita tangguh, keras hati, pemarah, memilki ilmu silat dan kesaktian tinggi, datuk dari segala datuk di masanya, pernah merajai dunia persilatan Tanah Jawa selama 20 tahun, dan sampai nenek-nenek belum juga kawin, maka Iron Maiden cukup menggambarkannya dengan dua kata utama: IRON MAIDEN (nama band, judul lagu sekaligus album pertama, 1980).

WIRO SABLENG: Untuk seseorang yang “berambut gondrong, memegang kapak seraya mulutnya menyeringai”, Anda cukup melihat sosok Eddie (maskot Iron Maiden) yang nampang di sampul album “Killers” (1981), he… he… he… Dalam episode pertama Wiro Sableng (Empat Berewok Dari Goa Sanggreng), Wiro sama sekali belum mempergunakan Kapak Naga Geni 212 dalam sebuah pertempuran, maka pantas saja album pertama Iron Maiden hanya menampilkan sosok Eddie yang berambut gondrong sambil cengar-cengir. Baru pada episode kedua (Maut Bernyanyi di Pajajaran) Wiro menggunakan senjatanya yang berupa kapak bermata dua berhulu kepala naga itu, sehingga sampul album kedua Iron Maiden (Killers) pun memajang Eddie dengan pose sebagaimana saya sampaikan di atas. Selanjutnya, tentang garis hidup Wiro sebagai pendekar petualang (“The Journeyman”, 2000), Kakek Segala Tahu telah memberikan ramalan (“The Prophecy”, 1988): “Orang muda, masa depanmu penuh rintangan dan kesulitan-kesulitan (“Man on The Edge”, 1995). Kulihat garis-garis di telapak tanganmu itu penuh dengan garis-garis bahaya yang selalu mengikuti perjalanan nasibmu!” Peringatan akan jalan hidup yang mungkin akan dilalui oleh Wiro (“Fates Warning”, 1990) ini tergambarkan sebagai pertarungan hidup-mati lewat ungkapan titel album “A Matter of Life And Death” (2006).

212: Ini direpresentasikan oleh album/lagu “The Number of The Beast” (1982); yang terjemah bebas (dan nekat)nya adalah “Angka Yang Menggetarkan dan Menggentarkan”.

Selain itu, menariknya, angka yang banyak ditulis dalam lagu-lagu Iron Maiden adalah angka 2 dan angka 1. Angka 2 ditulis sebanyak 4 kali, yakni dalam “22 Acacia Avenue” (1982); “2 Minutes to Midnight” (1984); “2 A.M.” (1995). Sedangkan angka 1 ditulis 3 kali, yakni dalam “Virtual XI” (1998. XI adalah 11); dan “Satellite 15... The Final Frontier” (2010). Maka diketahui ada 4 x angka 2 dan 3 x angka 1 = 2, 2, 2, 2, dan 1, 1, 1. Nah, jika angka-angka itu kita susun secara proporsional, maka akan terbentuk 2 - 1 - 2 - 1 - 2 - 1 - 2 alias 2121212, ;-)

KAPAK NAGA GENI 212: Senjata ini memiliki sifat kuat dan atos luar biasa (sering diceritakan, senjata keras apapun yang berani ‘kontak fisik’ dengan Kapak Naga Geni, biasanya akan patah, gompal, atau setidaknya terlepas mental). Ia juga menghantar hawa sangat panas setiap kali dipergunakan dengan pengerahan tenaga dalam (tak sedikit dikisahkan bagaimana daun dan ranting pepohonan menjadi menghitam hangus dilanda sambaran angin senjata ini. Juga bagaimana luka pada daging/kulit yang disebabkan oleh kapak Naga Geni akan terlihat hitam hangus dan korbannya merasakan sengatan panas). Maka kesaktian Kapak Naga Geni 212 dapat tergambarkan dengan dua nomor lagu, “Sun and Steel” (1983) dan “Flash of The Blade” (1984).

PUKULAN SINAR MATAHARI: Pukulan yang berupa sinar putih menyilaukan dan panas luar biasa ini dapat digambarkan dengan lagu “Brighter Than A Thousand Suns” (1986).

ILMU SILAT DAN KESAKTIAN LAIN: Selain pukulan Sinar Matahari, kebanyakan ilmu pukulan Wiro Sableng berupa hembusan angin kencang membadai. Sebut saja misalnya pukulan Benteng Topan Melanda Samudera, Dewa Topan Menggusur Gunung, Kunyuk Melempar Buah, Dinding Angin Berhembus Tindih Menindih, Angin Puyuh, dan sebagainya. Satu judul lagu Iron Maiden sudah cukup untuk melukiskan kedahsyatan pukulan-pukulan tersebut: “When The Wild Wind Blows” (2010).

Selain itu, ada beberapa nomor yang mengillustrasikan kesaktian-kesaktian lain milik Sang Pendekar, semisal “Be Quick or Be Dead” (1992) sebagai illustrasi untuk gerakan dan jurus-jurus silat yang serba cepat; “Can I Play With Madness” (1988) untuk menggambarkan musuh yang kebingungan saat Wiro menerapkan rangkaian Jurus Silat Orang Gila warisan si Tua Gila; “Out of The Shadows” (2006) untuk ilmu Meraga Sukma; “Lightning Strikes Twice” (1998) untuk ilmu kesaktian bernama Sepasang Pedang Dewa; “Run Silent Run Deep” (1990) untuk ilmu lari Kaki Angin, dan sebagainya.

PANGERAN MATAHARI: Musuh bebuyutan Wiro Sableng, layaknya Luthor bagi Superman dan Joker bagi Batman. Sesuai reputasi kejahatan dan kekejamannya, cukup banyak juga nomor Iron Maiden yang judulnya menggambarkan sang dedengkot golongan hitam yang mengagulkan diri sebagai “Pangeran Segala Cerdik, Segala. Akal, Segala ilmu, Segala Licik, Segala Congkak”. Bisa disebutkan antara lain “Prowler” (1980), “Wrathchild” (1981), “The Assassin” (1990), “Public Enema Number One” (1990), “The Unbeliever” (1995), “Virus” (1996), dan sebagainya. Sedangkan “Full Eclipse” (1984) adalah representasi dari salah satu pukulan sakti andalan Pangeran Matahari, Pukulan Gerhana Matahari.

PETUALANGAN-PETUALANGAN: Secara umum, tentang petualangan-petualangan Wiro di luar Jawa serta keberhasilannya menaklukkan banyak tokoh silat jahat di sana, sebagaimana saat Wiro bertualang di Pulau Andalas, Madura, Bali, bahkan di China dan Jepang, tercakup dengan ringkas lewat judul “To Tame a Land” (1983).

Secara khusus, ada satu petualangan Wiro yang dianggap paling fenomenal, cerdas, futuristik, dan berkelas science fiction, yakni saat Wiro bersama Naga Kuning dan Setan Ngompol terpesat ke negeri Latanahsilahsilam, negeri 1200 tahun di masa lalu. Rangkaian petualangan a la “time traveller” ini diceritakan oleh Bastian Tito dalam sebuah episode tersendiri yang terjalin dalam 18 judul serial. Episode di Latanahsilam ini merupakan episode dengan jumlah serial terbanyak. Maka tentu layak diapresiasi dengan 1 album pula. Dan yang cukup representatif untuk itu adalah album “Somewhere in Time” (1986). Kalo boleh (dan harus boleh), saya menterjemah judul album itu dengan “Di Negeri Latanahsilam”. Di negeri itu, Wiro mendadak menjadi seorang asing di sebuah negeri yang asing pula (“Stranger in a Strange Land”). Dia dan 2 temannya itu ibarat pelanglang buana kesepian (“Loneliness of The Long Distance Runner”) yang terperangkap di masa entah kapan (“Caught Somewhere in Time”). Waktu demi waktu mereka lalui dengan harapan yang semakin menipis (“Wasted Years”) bahwa mereka bisa kembali ke Tanah Jawa.

Namun di negeri itu mereka menemui banyak hal yang seolah pernah mereka alami di negeri asal mereka (“Deja vu”): wanita-wanita cantik semacam Peri Angsa Putih yang mengingatkan mereka pada Ratu Duyung; Luhcinta yang serupa dengan Bunga (Dewi Bunga Mayat). Lalu ada Hantu Sejuta Tanya Sejuta Jawab yang mirip Kakek Segala Tahu; serta Hantu Muka Dua yang berilmu tinggi serta memilki kejahatan dan kelicikan setara Pangeran Matahari. 

ROMAN: Dalam kehidupannya sebagai seorang pemuda, tentu Wiro Sableng juga terjangkit rasa cinta: mencintai dan ingin dicintai. Walaupun dalam hal ini, Kakek Segala Tahu mengungkapkan bahwa: “Garis percintaanmu tidak begitu bagus. Ini disebabkan karena kau punya sedikit sifat mata keranjang, tidak boleh lihat perempuan cantik...”, toh Iron Maiden tidak melupakan sisi manusiawi macam ini. “When Two Worlds Collide” (1997) misalnya, adalah judul yang mengillustrasikan kisah cinta Wiro dengan Bunga (Dewi Bunga Mayat), seorang gadis pendekar dari alam roh sebagai sebuah kisah cinta dua dunia. Namun, perbedaan dunia yang begitu nyata membuat cinta mereka tak lebih dari sebuah angan (“Infinite Dreams”, 1988) dan cinta yang sia-sia belaka (“Wasting Love”, 1992).

Lalu kerumitan hubungan ‘tidak jelas’ antara Wiro dengan Bidadari Angin Timur terungkap lewat nomor “The Thin Line Between Love & Hate” (2000). Dan nampaknya, hanya Ratu Duyung yang akan menjadi pelabuhan cinta abadi Wiro, “From Here to Eternity” (1992).

IKHTITÂM (“The Final Frontier”, 2010)

Inilah hasil utak-atik dan oprak-oprek nekat saya, dalam rangka menemukan sebuah “The X Factor” (1995) hubungan Wiro Sableng, seorang “wiro” atau “satria” (“The Trooper”, 1983) utama dunia persilatan, dengan salah satu legenda utama dunia heavy metal, Iron Maiden. Barangkali saja oprekan ini dapat menghadirkan hal baru, nuansa baru, cara pandang baru, sebuah “Brave New World” (2000), bagi penggemar keduanya.

...Dan hanya Allah Yang Maha Tahu segala sesuatu.

11 komentar:

  1. Sungguh ide cemerlang yang berawal dari sebuah kebetulan. Kebetulan adalah nenek moyang pengetahuan :-))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... mari kita "ila hadharati..."kan sang Nenek Moyang... :-)

      Terimakasih, Ra...

      Hapus
    2. Barangkali juga ini adalah "hasil" saran pjng untuk "klik kanan >>> refresh" itu... :-)

      Hapus
    3. Sinto Gendeng sukak panggil Wiro "Anak haram jadah!" Aliaaaasss???> Children of the... hihihihihihihihi

      Hapus
    4. Buh! BeNNar! iYya, beNNar... buh, ini suNbangaM laMtas, hihihihi...

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Bowennnnnnni lah!!! Ini syarah tingkat allamah sudah! bhuh bhuh bhuhhhhh!!! Tapi Ratu Mesum Bukit Kemukus dak masuk ya? Adu'... Remblong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah! (miKKir masik...)

      KalaW Ratu yang ini mOmkin harus carik di lagu2nya Motley Crue ataW G'N'R, ataW carik di panggung kOmsernya ManoWWar, hihihihi...

      Hapus
  4. THANKS gan atas infonya
    mampir ya ke sini http://kabarkampus.com

    BalasHapus
  5. menyusul wiro maiden n zrvh, hehehe

    BalasHapus