Senin, 06 April 2009

Di bawah ini adalah beberapa jenis predator paling berbahaya, karena serangan "beliau2" ini pada manusia berpotensi fatal bahkan berakibat pada kematian:

Great White Shark (Carcharodon carcharias).
Predator laut yang juga dikenal dengan sang maut putih (the white death) ini adalah yang terbesar dari 4 jenis ikan hiu penyerang "tetangga"nya yang bernama manusia. Pada 28 Agustus 2007 lalu, sesosok mayat penyelam wanita terdampar di pantai Autralia dengan luka koyak besar di bagian bawah punggungnya. Ia (diyakini sebagai) korban serangan ikan hiu jenis Great White (lihat fotonya di sini). Film fiksi ttg terror great white semacam JAWS-nya Steven Spielberg seolah semakin memantapkan reputasinya sebagai the most perfect killing machine. So, tolong jangan terkecoh dengan "senyuman"nya, ok?


Saltwater Crocodile (Crocodylus porosus).
Di antara semua jenis buaya dan reptil, "beliau" inilah yang terbesar. Dengan bobot yang bisa mencapai 400 kg dan panjang 6 m lebih, serangan binatang yang kulitnya jauh dari kata "mulus" ini bisa berakibat amat fatal. Akan tetapi, data mengenai serangan "binatang" film Lake Placid (1999) ini pada manusia amatlah jarang, mengingat jumlahnya yang mulai terancam punah.
Jadi, apakah kita --seharusnya-- lebih takut buaya darat??


The Siberian Tiger (Panthera tigris altaica).
Sebagai yang terbesar dari 9 subspesies macan, harimau yang juga dikenal dengan Amur Siberian Tiger ini adalah "teroris" paling manakutkan di kawasan Iran, Iraq, Afghanistan, Turkey, Mongolia, Kazakhstan, Caucasus, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Beberapa peristiwa serangan "kucing cantik" ini cukup menjadi alasan untuk tidak mengajaknya tinggal serumah dengan kita.


Lion (Panthera leo).
Singa adalah jenis kucing besar kedua setelah harimau. Untuk wilayah savana Afrika dan beberapa kawasan Asia, kucing gondrong ini terkenal dengan reputasinya sebagai pemburu kawakan, walaupun --mungkin karena posturnya yang lebih langsing-- kaum betinalah yang lebih sering berburu untuk memenuhi hajat hidup "keluarga"nya (Hmmm, aktivis gender, kaleee... :P). Serangan singa juga merupakan ancaman serius pada manusia.


Brown Bear (Ursus arctos).
Beruang? Jauhkan bayangan Anda ttg si lucu Winny The Pooh maupun boneka panda imut di kamar (anak2) kita. Binatang tambun penuh bulu ini cukup sukses menanamkan image predator bereputasi maut. Salah satu yang terbesar dan paling berbahaya pada manusia adalah beruang cokelat. Penguasa kawasan liar Amerika Utara berbobot sampai 700 kg ini adalah momok paling menakutkan. Tercatat 2 kali serangan fatal beruang per tahun, terutama beruang cokelat berjenis grizzly (Ursus arctos horribilis).

9 komentar:

  1. Wuaa...Kok gak ada yg 'cantik' sih mas? *dasar loading lambat*

    BalasHapus
  2. @ajeng
    sampe ngulang liat judul apa pake kata beauty, ternyata emang nggak pake...

    BalasHapus
  3. @ajeng:
    harimau emang "cantik", kan?

    @bill:
    "beauty"nya da di komentator, mas :p
    btw, judul di atas saya jiplak dari judul kompilasinya Iron Maiden, kok Mas. Best of The Beast (1996). Inget, kan?

    BalasHapus
  4. kalo serangan cowok playboy? ha ha ha...gak nyambung nih.

    boleh buka warteg di samping rumahku. biar bisa beli makanan tiap hari di warteg itu.

    BalasHapus
  5. Hmmm... playboy mana yang nekad "nyerang" pengacara dan ahli hukum sekaligus karateka???

    Btw, warteg dgn menu utama "panggang hiu", :P

    BalasHapus
  6. lepas dari naluri kebinatangannya, terutama si Beruang; wajah, tubuh, telinganya, ngegemesyiiiin...
    tapi(mungkin) lebih jahat manusia? lihat di kebun binatang, mereka diasingkan, dijauhkan dari spesiesnya, dikurung, dikarcis, makan dijatah, dijadikan obyek. semua untuk APBD daerah... kasian sekali

    BalasHapus
  7. ->gemes? Hiiiii... tak ro'nuro'a, Ra....:P

    ->Kebun binatang? Yah, Anda betul, Ra. Semua serba mungkin...

    BalasHapus
  8. mampir...aku mo kasih award nih. ambil ya.

    BalasHapus