Senin, 26 Januari 2009

TENTANG GAMBAR-GAMBAR DI ATAS (2)

EDDIE (kiri), monster/zombie yang menjadi maskot band (pure) heavy metal asal Inggris, IRON MAIDEN. Gambar di atas dilukis oleh MELVYN (sering disingkat MEL) GRANT, pelukis kelahiran London, untuk sampul album Iron Maiden ke 10, FEAR OF THE DARK (1992). Ini adalah artwork pertama Melvyn Grant untuk Iron Maiden. Setelah itu, ia juga menggarap art untuk album VIRTUAL XI (1998), live-album DEATH ON THE ROAD (2005) dan single REINCARNATION OF BENJAMIN BREEG (2006).

EDDIE, bernama lengkap EDWARD THE HEAD, adalah karakter rekaan pelukis DEREK RIGGS (pelukis kelahiran Portsmouth, Inggris, pada 13 Februari 1958) saat ia menggarap lukisan sampul untuk single pertama Iron Maiden, RUNNING FREE (1979). Lukisan itu menggambarkan seseorang tengah berlari dari kejaran sosok menyeramkan berkulit layaknya mayat hidup sedangkan wajahnya hanya berupa silhuet.
Iron Maiden ternyata menyukai hasil garapan Derek Riggs ini dan memutuskan untuk menampilkan si sosok mayat hidup dalam sampul album debut mereka, IRON MAIDEN (1980) serta sekaligus memberinya nama EDDIE (berdasarkan pada sebuah joke lama tentang ‘seseorang’ yang terlahir hanya berupa kepala tanpa tubuh bernama EDDIE SI KEPALA). Sejak itu pula, Iron Maiden ‘secara resmi melantik’ Eddie sebagai maskot band sehingga ia tidak saja muncul di setiap sampul album pencetus aliran
New Wave of British Heavy Metal ini, tapi juga ‘bergentayangan’ di panggung-panggung konsernya, baik sebagai background panggung atau sebagai ‘guest star’. Dan Derek Riggs yang kemudian mengerjakan hampir seluruh artwork Eddie untuk Iron Maiden, baik yang berupa sampul full-lenght album, album live, album kompilasi, single, video atau merchandise.

Dalam video dokumenter Iron Maiden, 12 WASTED YEARS (1987), Derek Riggs mengungkapkan bahwa ia mendapatkan inspirasi untuk (detil) wajah Eddie setelah menyaksikan sebuah acara TV yang memperlihatkan kepala tentara (dimungkinkan sebagai kepala tentara Jepang) yang tergantung di dekat bangkai hangus tank Jepang dalam peristiwa Battle of Guadalcanal pada 24 Oktober 1942.

3 komentar:

  1. salah satu kelebihan Iron Maiden memang cover albumnya keren2 ya... kecuali Dance of Death, kayaknya kurang sangar abis ngga ada mas Eddie. btw kemaren saya liat cover majalah Misteri, masak ngambil dari tampang Eddie dari cover Brave New World =))

    BalasHapus
  2. Wah, jgn2 mereka kehabisan gambar serem, tuh! Di email aja, Bro. Bilangin, kalo pingin gambar serem, ambil aja foto profil-nya partelon :D !
    Cover Dance of Death (gambar Eddie as The Grim Reaper nyaris ga fokus karena pake jubah n terlalu banyak sosok lain di sekitarnya, pake acara setengah bugil lagi!)digarap David Patchett. Tapi doi malah minta gak disebut di credit tittle krn merasa ga puas dgn hasil kerjanya (padahal kita ga puas juga, ya?)

    BalasHapus
  3. ini serem ya say...hiiiiii

    BalasHapus